Kanal

Memajukan Bumdes di Riau, Ini Yang Digagas Papdesi  Saat Buka Bersama

KAMPAR (RUANGRIAU.COM) - Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD PAPDESI) Provinsi Riau. Hari ini Kamis (21/4/2022) kemarin, melakukan buka puasa bersama dengan 22 BUMDes di Balkon Cafe Bangkinang Kota.

Dalam hal ini Ketua DPD PAPDESI Riau, Syofian menyampaikan buka puasa ini, PAPDESI Riau membahas untuk kemajuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

" Jadi yang hadir  dalam buka puasa ini Direktur BUMDes dan Kepala Desa, " ungkap Syofian, sembari mengatakan acara Buka Puasa ini dilaksanakan di Balkon Cafe Bangkinang Kota.

Pertemuan yang dilaksanakan tersebut menggagas unit usaha yang akan dilakukan oleh BUMDes. "  Karena itu percontohan pertama dilakukan untuk BUMDes di Kabupaten Kampar, " sebut Ketua DPD PAPDESI Riau ini.

Yang mana unit usaha yang akan dijalankan tersebut adalah, ungkap Syofian  adalah penjualan alat bangunan yang nantinya BUMDes yang akan mengelolah langsung.

" Sehingga masayarakat dapat membelinya dengan harga yang terjangkau, " ujarnya.

Lanjut Syofian, alat alat pertanian juga akan di jual di BUMDes. " Apapun kebutuhan pertanian nantinya ada di BUMDes, " ucapnya.

BUMDes juga akan menampung Tandan Buah Segar ( TBS ) hasil sawit milik masyarakat. " Sehingga hasil sawit masyarakat bisa dihargai dengan sewajarnya, jika yang mengelolah sudah jelas, " ucapnya lagi.

Begitu juga Home Industri masyarakat akan dilakukan oleh BUMDes. Karena itu akan dibuat mesin raut lidi kelapa sawit. " Jadi pelepah sawit bisa berguna dan ekonomi masyarakat juga bertambah, " sebutnya.

Terkait usaha BUMDes yang kita gagas ini akan kita laksanakan secepatnya, kata Syofian. Karena PAPDESI Riau sudah mempunyai kerjasama dengan unit usaha yang akan memajukan BUMDes.

Saat Pelantikan DPD PAPDESI Riau belum lama ini, kita sudah memikirkannya untuk kemajuan BUMDes, kata Syofian.

" Karena kita sudah bekerjasama dengan Pabrik semen dan sekaligus menyediakan alat bangunan, Pabrik Pupuk yang menyediakan alat pertanian, Penampung TBS dan begitu pembuatan mesin raut lidi kita sudah kerjasama dengan Eksportirnya," ungkapnya.

Dengan adanya kerjasama ini kata Syofian, kedepannya kita harapkan BUMDes bisa maju dan perekonomian masyarakat juga semakin baik. " Sebab tujuan adanya BUMDes untuk memajukan masyarakatnya, " pungkasnya.

Sebelumnya untuk diketahui dalam kegiatan uka bersama itu  Hadir sebagai undangan PAPDESI Riau Tanaga Ahli gubernur Riau untuk BKK Provinsi Riau Bapak Saiman Pakpahan,S.IP.,M.Si dan hadir juga Bapak Setyo Irawan,S.IP yang juga tenaga  ahli di DPMD Riau Dan dewan pertimbangan di DPD PAPDESI RIAU,  pas tiyo sapaan akrab beliau dalam acara ini bertindak sebagai moderator.

Saiman Pakpahan, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang di taja DPD PAPDESI RIAU . " Ini sangat berguna bagi Pemprov terutama dinas PMD RIAU guna mengevaluasi Program BKK untuk desa kedepan nya, " sebutnya

Saiman juga berjanji akan segera memfasilitasi DPD PAPDESI RIAU dengan DPMD propinsi Riau untuk membahas rencana BUMDESMA ke depan nya secara lebih mendalam.

Ikuti Terus RuangRiau

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER